Saturday, April 21, 2007

Ah... Narcolepsy..

Semalam aku baru menonton Kala, film Joko Anwar terbaru yang tokohnya menampilkan narkolepsi. Aku sedikit kecewa karena Joko Anwar ternyata sebenarnya hanya membutuhkan narkolepsi sebagai alat untuk mengganti-ganti adegan karena si tokoh selalu jatuh tertidur bila berada pada ketegangan yang berlebihan.

Tapi adegan antara si tokoh utama, Janus (Fahry Albar) dan istrinya, Sari (Shanty) cukup menyentuh. Mungkin seharusnya, lain kali ada film yang bercerita tentang narkolepsi dari sisi penderitanya. Bukan sekedar memanfaatkan deritanya sekedar sebagai pelengkap cerita.

"dahulu waktu pacaran tidak separah ini, Pak"
-- Sari, di depan pengadilan agama saat menuntut cerai




Ingat-ingat tentang narkolepsi, aku teringat sebuah lagu indah dengan klip yang cukup menawan dari kelompok musik Girlfrends yang juga ada di youtube.

...
I can't sleep
unless I sleep with ya

no bad dreams
and no insomnia

...




di bagian keterangannya tertulis
Watch Barnaby Legg fight a losing battle with narcolepsy as the outside world nods off to the beautiful lullaby that is girlfrends' "Sleep With Me"

Bertanya kepada mBah Google tentang "Barnaby Legg narcolepsy", aku menemukan sebuah blog berjudul 1third yang berasal dari seorang penderita narkolepsi. Judul blognya sendiri, 1Third, berasal dari sebuah pendapat bahwa sepertiga hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Di blog tersebut, ia juga beberapa kali menulis tentang serba-serbi tentang narkolepsi seperti perasaan senasib bagaimana menyebalkannya beberapa orang yang sebenarnya mencoba ramah tetapi agak-agak menyinggung.

sigh...

Oh ya, aku masih belum menemukan siapakah sebenarnya Barnaby Legg. Satu-satunya yang kutemukan adalah seorang Barnaby Legg yang menulis komik tentang Kurt Cobain.

0 comments: