Thursday, May 03, 2007

Plagiarisme ah.. Plagiarisme

Pagi ini, ayahku meminta tolong padaku. Ia diminta memeriksa tugas teman sekelasnya di Fakultas Ilmu Budaya. Beliau curiga melihat tidak ada satupun daftar pustaka di tugas temannya yang berupa karya tulis (paper) itu.

Berkat bantuan mbah Google™ ternyata karya tersebut memang jiplakan seratus persen dari situs Universitas Kristen Petra Surabaya, karya Sutini BA dengan judul yang sama persis yang digunakan kawan ayah saya, "DITINJAU DARI SEJARAH PERKEMBANGAN SERTA PERANANNYA DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN KEPRIBADIAN BANGSA".

Hebat...!
Bahkan judulnya tak diubah.
Bahkan kalimat di bagian akhir artikel yakni "Sumber :diambil dari buku Nawasari Warta, Oktober 1994", juga dijiplaknya.

Modifikasi yang ia lakukan hanyalah mengubah namanya dan kemudian di bagian akhir barulah menambah teori-teori (yang sebenarnya cuma catatan kuliah) yang diakuinya sebagai metodenya dalam menulis karya tulis tadi. Dan sangat jelas terlihat ketidaksinambungannya di mana teori-teori (baca: catatan kuliah) menggunakan contoh Mitologi Yunani sementara jiplakannya mengambil Cerita Wayang. Ia bahkan tidak membandingkan karakter-karakter cerita wayang tersebut dengan contoh-contoh dari teori-teori yang ia gunakan (baca: catatan kuliah).



Ampun....
malas banget sih?
Aku ingat pernah menertawakan paper temanku yang mengambil mata kuliah Mitologi Yunani yang salah satu tugasnya adalah menganalisa film 300. Tapi temanku itu usaha sendiri.. Memang ia tidak begitu akrab dengan mitologi Yunani, tapi ada usahanya..

Yang dilakukan orang ini.. ya ampun..
benar-benar hanya copy-paste.

1 comments:

cardepus said...

Hmm...ga tau mesti dihukum gimana biar orang2 yang melakukan plagiat itu kapok. Mungkin hasil karyanya dipajang aja yah di mading, dan diberi judul "Contoh Karya Plagiat" biar tuh pelaku malu dan jadi contoh yang lain juga jangan sampai berani2 copas doang.