Monday, November 10, 2008

[kenangan] Pengeboman Gereja di Malam Natal 2000

Aku sedang merenungkan War on Terror dan menebak-nebak langkah Obama selanjutnya. Tiba-tiba aku teringat peristiwa pengeboman di Malam Natal 2000.

Ketika peristiwa itu diberitakan di TV, awalnya aku masih merasa dingin. Tetapi ketika ayah dan ibuku mengajakku berkunjung ke rumah Pak De dan Bu De, ternyata uwakku itu nyaris jadi korban. Mereka menceritakan pemandangan mengerikan. Mungkin, saat itu, untuk pertama kalinya aku malu dengan kolom "Islam" di KTP-ku. Gak mungkin saya bercerita tentang teori konspirasi, teori benturan peradaban, atau entah teori-teori apalagi yang muncul di majalah-majalah seperti Sabili. Faktanya adalah, Pak De, Bu De, dan banyak di antara mereka yang juga tidak punya niat buruk, datang ke gereja pada malam itu dan dikagetkan oleh ledakan.

Dan itu terjadi sebelum peristiwa 11 September 2001.

0 comments: