Tuesday, January 06, 2009

Setitik Cerita Penomoran Rumah di Amerika Serikat


"1040 SW 184th Street"

Apakah artinya?

Di rumah sebelahnya, tertulis nomer "1050" sementara rumah di sisi lainnya tertulis "1030" dan rumah seberangnya bernomer "1041".

Petunjuk pertama:
Beberapa kota di Amerika Serikat menggunakan sistem grid untuk tata kota dan penamaan jalan seperti 2nd, 3rd, 4th, dan sebagainya.

Perlu diingat bahwa nama jalan yang sama tidak berarti jalan yang sama melainkan berada di garis yang sama dalam sistem grid. Misalnya 21st Street berada di beberapa kompleks (disebut sebagai community di Florida) sekaligus di Monarch Lakes dekat Miramar.

Petunjuk kedua:
Pada nomer rumah, angka-angka di depan (kecuali dua digit terakhir) menunjukkan jalan terdekat. Nomor "1040" menunjukkan rumah tersebut berada di antara 10th dan 11th.

Perlu diingat bahwa nama jalan yang sama tidak berarti jalan yang sama. "13099" di 21st Street memang berada di antara "130th" dan "131th" tetapi "131th" berada di kompleks yang berbeda.


Yang lebih konyol adalah,
aku berpikir selama dua minggu memecahkan misterinya, bertanya pada orang-orang yang sudah tinggal lama di sini dan mereka tidak tahu, Lis menilai pikiranku mudah teralihkan oleh hal-hal kecil dan tidak penting, dan ternyata sudah ada yang menulis di Wikipedia.

Kenapa aku tidak mencari di mbah Google pertama kali. :(

Setidaknya, pola yang kutemukan cukup membantu beberapa kali saat aku membaca peta dan mencari alamat.


Bacaan Lebih Lanjut:
http://en.wikipedia.org/wiki/Grid_plan
http://en.wikipedia.org/wiki/House_numbering
http://en.wikipedia.org/wiki/City_block

4 comments:

edratna said...

Wahh susah ya......apalagi kalau terbiasa berpikir seperti di Indonesia....nomor rumah berurutan di jalan yang sama

kunderemp said...

Iyah.. berurutan.
Tetapi abis itu dari pihak Pemkot langsung mengubah urutan nomernya. Kayak rumah di Bandung, dari nomer D-4 berubah menjadi 9.

Trus seringkali gara-gara kebijakan pengubahan nomer urut, alhasil dalam satu jalan, nomernya malah acak-acakan.

narpen said...

wew, baru tau aku ada cerita kek gni.. :D

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya IBU HERAWATI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor Togel toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya kunjungi situs/website KLIK DISINI RITUAL PESUGIHAN DUNIA GHAIB