Tuesday, March 31, 2009

GLMatrix dan XMatrix dari XScreenSaver


Ternyata, pertama kali aku mengenal GNU/Linux adalah dari XScreenSaver.
(silakan bengong di sini).

Aku masih ingat, saat itu tahun 2000, aku belum lulus, dan aku bersama kawan-kawan disuruh sekolah ke UPH (yang saat itu menjadi tempat Asian Physics Olympiad) dan di sana, untuk pertama kalinya aku melilhat GNU/Linux... lebih tepatnya XScreenSaver-nya yang menampilkan hujan karakter-karakter ASCII dan Jepang berwarna hijau (yup.. Matrix). Dan aku bertanya pada mereka, "ini apa?" dan mereka menjawab "Linux". Oh.. Linux keren yah... (gubrak).


Aku masih ingat, betapa senangnya aku ketika menginstall GNU/Linux pertamaku di yogya di tahun 2001 (koreksi kalau aku salah), yakni Mandrake 7.2 yang merupakan bonus edisi pertama Infolinux dan di situ, seingatku ada screensaver XScreenSaver yang menampilkan hujan huruf2 hijau ala 'Matrix'.

Di situs resminya The Matrix sendiri ( http://whatisthematrix.warnerbros.com ) saat itu ada screensaver untuk Windows dengan menggunakan teknologi Flash tetapi tidak sebagus XMatrix untuk X11 (baca: Linux atau Un*x lainnya). Sayang sekali....

Nah, kemudian aku penasaran mencari adakah xscreensaver untuk Windows?
dan ini komentar dari si pembuat XScreenSaver
There is no Windows version of xscreensaver, and there never will be. Please stop asking. Microsoft killed my company, and I hold a personal grudge. I don't use any Microsoft products and neither should you.


Ha ha ha ha ha

Hm.... WinXScreenSaver?

0 comments: