Tuesday, July 13, 2010

Padanan Silat vs Beladiri Lain

diambil dari posting di SahabatSilat.com
http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,1471.75.html

Secara keseluruhan ada 5 kriteria yang menyebabkan silat kurang diminati:
- PROMOSI.
- Image kebatinan diutamakan/terlalu menonjolkan mistis
- Misinformasi
tarian doang, image kebatinan, kurang GARRR teorinya ...
- diragukan keefektifannya (bs gak tari2an itu diaplikasikan ke pertarungan sebenarnya).
- image jelek dari oknum praktisi yg 'ugal-ugalan' dan ptantang-ptenteng

Sebenarnya ini gak beda ama kungfu tradisional. Namun kungfu masih ada tao lu wushu yang menonjolkan keindahan gerak tapi masih ada terlihat serangannya dan sanshou yg menonjolkan sparring dan banyak film2 dari luar yang menonjolkan kungfu ini.

Mungkin bs saya kasih masukan,
PROMOSI
Gak bisa disangkal, forum ini termasuk sarana promosi jg. saat ini saya coba pgn masukin clip2 silat yang ada di FB anak2 gila silat..dengan sedikit 'nyolong' (download paksa).. ;p
Anak sekarang demen yang aneh-aneh, terutama yang gerakannya aneh ... silat tradisional pny change besar, karena gerakannya aneh2 tuh (contoh si bunder dan beksi, dan yang gak kalah aneh GGBD, gerak rasa, dan tentu aja Cingkrik).
Kita bisa memanfaatkan trend yang ada dengan menonjolkan jenis silat yang dekat dengan trend tersebut.

Contoh
- saat BJJ ngetrend naekin GGBD, silek harimau, dll.
- saat tipe aikido kunci2an kecil, ada cingkrik, paseban, dll
- saat wingchun (pukulan cepat dan rapat), ada troktok, sabeni, gerak rasa/saka, dll..
- saat hindar2an .. ini sih umum, tp saya terkesima ama gerakan serang hindarnya PD.
- saat yang keras2 spt karate .. ada PSTD, Boxer, mustika kwitang, sanaliko (yg dulu pernah muncul di ultah FP2ST ke 3), dll
- saat tipe lembut spt taichi yang naek, ada cikalong, timbangan (nah, aliran ini nih yang susah),dll.
(sorry.. saya kasih contohnya kebanyakan silat betawi..soale baru tau yg itu).

Yang jadi masalah, yang mengandalkan tendangan keren spt taekwondo, dan capoera...wattaaaaa ..
Silat ada gak? masalahnya cw2 cakep umumnya disana semua. x-))


Justru yang sering menjadi promosi adalah silat2 olahraga, saya pribadi sering kecewa ngelihat gerakannya yang sdh hilang dari ciri khas silatnya. Tp saya maklumin deh. Peraturan emang hrs diterapkan untuk menjaga keselamatan peserta/atlet.

Disamping itu beberapa perguruan besar seperti tidak mengusung/memperlihatkan aliran yang dibawanya. beda dengan kungfu. Apapun perguruannya, alirannya bisa terlihat dari gerakannya.
Contoh:
Tapak Suci termasuk perguruan besar, namun ciri silatnya sendiri sangat luas dan terus berkembang. Lain dengan MP yg memiliki ilmu getarannya yg mampu 'melihat' tanpa mata, PD yg kakinya lincah banget dalam menghindar.
Namun yang lain, dalam pandangan awam saya yang baru melek silat, susah mengenali suatu perguruan silat masuk ke style apa. Namun tetap saja mata awam saya tidak bs melihat gerakan khasnya kecuali dari pakaiannya (sedikit demi sedikit saya sdh bs ngeliat silat PD, langkah kakinya).

ide bagus, jika silat bisa dijadikan komik. tinggal cari siapa yang mau gambarin, masalah ide cerita .. kita nanti bs sedikit 'bajak' manga-manga jepang..nanti saya kasih kumpulan komik online koleksi saya.
Nanti upload ke situs bagi2 komik gratis deh. spt mangafox atau onemanga. Ngomong2 silat pernah muncul sedikit di komik History's Strongest Disciple Kenichi .. walau sebagai penjahat, namun sang maestro silatnya satu-satunya orang yg mampu membuat kwalahan sang petinggi beladiri protagonisnya (menurut pengakuan sang petinggi).

IMAGE KEBATINAN
ini Berkaitan dengan promosi jg. Zaman sekarang yang kyk gitu gak laku, dan sedikit peminatnya. Perlu sering munculkan silat2 fisik yang aplikatif.

MISINFORMASI
hanya tarian, karena hanya kembangan yang ditampilkan. Bs dihitung dengan jari, bahkan dari total member forum ini, berapa yang mengerti apa makna kembangan (tari2an dlm silat saat tarung)?
Saya jg awalnya gak ngerti, sampe saya dijelaskan ama guru dan kakak seperguruan saya, apa maksud kembangan itu sendiri.

DIRAGUKAN EFEKTIFITASNYA..
nari emang bisa untuk berantem? pertanyaan awam.. karena emang begitu kenyataannya yang ada dipikiran anak muda sekarang. Sangat jarang aliran silat yang menunjukkan gerakan yang to the point. Spt karate, dan taekwondo.
perlu sering-sering ditunjukkan bagaiman 'tarian' itu digunakan dalam berantem sesungguhnya.
Mungkin perlu dibuatin semacam clip skenario lingkaran.. spt: Gerak Gulung kalah sama sabeni, sabeni kalah sama cingkrik, cingkrik kalah sama gerak gulung..trs nanti diputer lagi.. dst.

OKNUM
image jelek dari oknum praktisi yg 'ugal-ugalan' dan ptantang-ptenteng.
Gak tau dapet darimana kesan ini, justru yang saya kenal para pesilat spt malu mengakui kl dia bisa silat.
Namun demikian, patut dinaikkan profil pesilat yang gak petantang petenteng spt programmer, pengusaha, PNS, dll.

3 comments:

=inu= said...

kalau mau promosi cepet, langsung kirim orang ke K1 atu UFC, kalahin semuanya satu2, kalo perlu semuanya masuk kandang terus berantem hehehe

-inu-

Kunderemp said...

Itu dia masalahnya, Nu..
Yang jago-jago, biasanya tidak mau bertanding. Ikut pertandingan pencak silat saja gak mau apalagi K1 dan UFC.


Sementara yang terbiasa bertanding, mereka terbiasa bertanding dengan peraturan yang bersistem point, dengan banyak peraturan.

Lagipula, banyak gerakan-gerakan silat yang di peraturan paling bebas pun seperti K1 dan UFC tetap gak boleh.

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya IBU HERAWATI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor Togel toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya kunjungi situs/website KLIK DISINI RITUAL PESUGIHAN DUNIA GHAIB