Friday, March 25, 2016

[Buat Orang Tua] tentang Batman vs Superman

Buat kawan-kawan yang memiliki anak,
[catatan, di bawah ada spoiler yang ditunjukkan sebagai panduan untuk orang tua yang mengajak anak]
[UPDATE 26 Maret 2016 -- Saat saya menonton lagi, LSF telah mengubah ratingnya dari 17+ menjadi 13+, hal yang sangat saya sesalkan]
Batman vs Superman adalah film Dewasa (17+) sesuai dengan ketentuan LSF baik di situs LSF maupun layar peringatan LSF yang tayang sebelum film.
Tiga jejaring bioskop, 21Cineplex, CGV Blitz, Cinemaxx, dengan sengaja, mengabaikan LSF, membuat penilaian sendiri tanpa memberitahu publik secara terbuka bahwa itu penilaian mereka sendiri, demi meraih keuntungan.
Sebagai seorang individu pecinta film,
saya acap kali tidak selalu sepakat dengan rating yang diberikan oleh LSF tetapi saya sangat tidak setuju bila tiga raja bioskop, mengumumkan rating yang berbeda dengan LSF tanpa pernyataan terbuka bahwa mereka berbeda pendapat dengan institusi resmi. Ini sama saja dengan pembohongan kepada publik.
Apakah Batman vs Superman adalah film Dewasa?
Secara teknis, film ini seharusnya film remaja, kekerasan tanpa darah, tidak ada adegan seks (dan yup, adegan bathtub dihapus dari versi Indonesia).
Walau demikian,
menurut saya, kekerasan tanpa darah yang diperlihatkan di sini adalah tipe kekerasan yang tidak seharusnya dicontoh oleh anak-anak SD kelas 5 atau 6 SD (alias 11-12 tahun) apalagi yang lebih muda. Ya, kekerasan "PG-13" di sini lebih parah daripada film Captain America: Winter Soldier.
Mempertimbangkan kebiasaan orang tua Indonesia untuk mengabaikan rating remaja dan membawa anak kecil (jujur, saya termasuk yang acapkali mengabaikan), saya sangat setuju dengan keputusan LSF untuk memberikan rating Dewasa.
Mungkin rating versi Australia, MA 15+, lebih tepat untuk film seperti Batman v Superman. Tak terlalu masalah ditonton anak SMP kelas 3 tahun tetapi sangat tidak layak untuk ditonton anak SD kelas 6.
Buat yang sudah terlanjur berjanji pada anaknya untuk mengajak nonton, saya berikan bagian yang harus anda waspadai untuk tidak ditonton putra-putri anda (dan ya, ini spoiler)
1. adegan Bruce Wayne terbangun dari mimpi buruk. Ada wanita di sampingnya. Memang tidak ada adegan seks atau ciuman dan sebangsanya tetapi mungkin akan membuat putra-putri anda bertanya-tanya "siapa cewek itu?" dan anda harus memilih antara mengelak atau menjelaskan konsep "one-night-stand";
2. adegan perjudian gladiator manusia. Adegannya cukup singkat. Anda harus menyiapkan mental putra-putri anda bahwa ada tipe kejahatan perjudian yang sengaja mengadu manusia;
3. adegan kedua Batman vs Superman saat Batman menggunakan baju besinya. Di awal, di atas gedung, adegan ini masih ramah untuk anak-anak. Tetapi ketika sudah masuk ke dalam gedung, bersiap-siaplah untuk pertarungan brutal di mana Batman berusaha membunuh Superman dengan cara apapun. Beberapa bagian bertarungnya, sebaiknya jangan ditiru oleh anak-anak;
4. adegan Batman menyerbu masuk gedung setelah dari Batwing. Hingga adegan yang tampil di versi iklan, yakni ia menerobos dari bawah, menembak senapan-senapan penjahat, dan membanting satu serta melempar, masih bisa ditonton anak-anak. Namun kemudian ada permainan pisau dan ada adegan memukuli kepala berkali-kali walau penjahat sudah pingsan.
Di luar adegan-adegan itu,
saya rasa tergolong aman untuk anak walaupun cukup menyeramkan seperti adegan militan menembak agen rahasia dari jarak sangat dekat.

1 comments:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya IBU HERAWATI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor Togel toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya kunjungi situs/website KLIK DISINI RITUAL PESUGIHAN DUNIA GHAIB