Monday, October 26, 2020

Orang Indonesia Pertama Yang Menggunakan Nama Indonesia

 


Selama bertahun-tahun, saya menyangka para mahasiswa berjiwa pemberontak di Belanda (Bung Hatta dkk) yang pertama kali pakai nama Indonesia. Ternyata saya salah.

Yang pertama kali nekad menggunakan nama Indonesia untuk keperluan politik adalah pria berblangkon berbaju gelap dalam foto ini. Ia adalah seorang wartawan, menulis artikel untuk berbagai media seperti Oetoesan Hindia.

Bersama seorang wartawan Belanda dan seorang dokter berjiwa pemberontak, mereka mendirikan partai politik sekuler inklusif pertama di Hindia Belanda. Ketiganya dibuang oleh pemerintah kolonial ke Belanda.

Nah, tampaknya di Negeri Belanda, beliau mendengar nama "Indonesia" dan menggunakannya sebagai nama organisasi baru, bergerak di bidang jurnalisme yang tentu saja mempropagandakan kegiatan politik. Nama organisasi itu adalah Indonesische Persbureau.

Sembilan tahun kemudian, barulah anak-anak muda para mahasiswa mengikut jejaknya, menggunakan nama Indonesia untuk organisasi mereka. Soewardi sendiri sudah kembali ke Jawa tiga tahun sebelumnya saat anak-anak muda itu menggunakan nama Indonesia. Organisasi anak-anak muda itu adalah Indonesische Vereeniging.

Setelah kembali ke Jawa, beliau lebih berkonsentrasi pada pendidikan dan beliau juga pernah menerima anak kost.

Enam tahun setelah Indonesia dipopulerkan oleh nama Indonesische Veereniging, salah satu mantan anak kost si bapak ini tinggal di Batavia karena meneruskan sekolah. Di sana, ia ditunjuk untuk memimpin Kongres Pemuda II. Sang bapak kost sendiri juga diundang untuk hadir di kongres tersebut tetapi beliau berhalangan hadir.

Siapakah pria berbaju gelap dalam foto tersebut ?
Soewardi Soerjaningrat
atau juga dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara

0 comments: