Wednesday, March 29, 2006

Print Friendly or Nice Design?...

Sore ini, aku dikritik karena blog ini tidak rapi (header-nya). Sebenarnya, semenjak aku iseng-iseng mencoba mencetak sebuah halaman dari blogger ini (awalnya aku hanya pakai layout default) dan aku kecewa dengan tampilan hurufnya yang tidak rapi.

Tadi, istriku mengusulkan melihat blog-nya Enda. Aku gak yakin Enda yang mana yang dimaksud oleh istriku, jadi aku berasumsi Enda yang di http://enda.goblogmedia.com/ yang dimaksud. Sayangnya, waktu kuuji dengan print-preview salah satu artikel tulisannya, yakni Apa itu Blog, lagi-lagi hasinya mengecewakan, karena cuma memprint satu halaman dan terputus (silakan coba sendiri).

Aku mencoba mencari-cari dengan katakunci print di google, dan sempat berharap waktu menemukan ada artikel untuk posting buku. Sayangnya, ketika aku melihat contohnya, lebih tepat mencoba menilik versi cetaknya (print-preview) dari halaman yang sangat panjang, lagi-lagi, walau hasil awalnya memuaskan, hasil akhirnya mengecewakan, terutama hasil cetak untuk halaman-halaman terakhir yang entah kenapa semakin bergeser ke kanan. Dengan kata lain, template-nya tidak bisa kugunakan untuk blog-ku.

Sebenarnya, aku penasaran ama Wikimedia, engine di belakang Wikipedia.org yang masyhur, karena mereka bisa membedakan antara versi cetak dengan versi tampilan di layar. Dan situs mereka, saat dicetak, hasilnya nyaris sempurna kecuali pada huruf miring (italic) yang hasilnya sering nabrak kalimat sesudahnya.

Akhirnya, aku bersikukuh dengan format semula, tidak ada tulisan di sebelah kiri atau kanan tulisan yang utama. Selama ini, kalau aku lagi iseng mencetak tulisanku, hasilnya lumayan bagus walau tampilan header-nya terlalu panjang (apalagi aku menampilkan previous post yang banyak). Paling tadi aku menyempatkan diri untuk baca-baca blogger matrix hack, yang akhirnya menginspirasi aku untuk mengubah format previous post menjadi selection menu.

Trus baca-baca, aku jadi tertarik untuk bikin.. hmmm... halaman khusus untuk mengedit daftar kategori..

Seperti ini kah?


Bingung..
Please, jangan kasih aku saran untuk pindah ke penyedia blog lain macam multiply atau blog-blog lain. Aku paling malas pindah-pindah..

Hehehe,
Kunderemp Ratnawati Hardjito

0 comments: