Thursday, April 10, 2008

Sudah lama gak lihat trailer dari Apple.com


Semenjak keberadaan Youtube, sudah lama banget aku tidak melihat trailer dari Apple.com. Alasannya sederhana, ada beberapa komputer kampus yang tidak memiliki Quicktime, sementara untuk melihat Youtube, hanya dibutuhkan Flash Player.

Jadi ingat, dulu pertama kali melihat trailer-trailer awal adalah dari situsnya Yahoo (yang kalau gak salah, saat itu aku memilih format wmv-nya Windows.... Lambat banget, terputus2) dan trailer yang pertama aku lihat adalah Planet of The Apes-nya Tim Burton. Kemudian ada format-format lain seperti Advanced System Format (asf) yang saat itu sempat mencoba piranti lunak asf recorder.

Akhirnya, aku mencintai format Quicktime (.mov). Apalagi Apple membuat situs yang menempatkan trailer-trailer terbaru. Hanya saja, sering kali setelah beberapa bulan, Quicktime yang digunakan harus dimutakhirkan (update) karena format2 trailer baru selalu menggunakan versi baru (dulu dari versi berapa yah? 4?).

Kemudian aku menemukan Youtube, karena seorang sahabat mau menunjukkan 'trailer palsu' film Grayson (buatan fans yang mengisahkan kehidupan Richard Grayson setelah kematian Batman). Dan semenjak itu, aku selalu menggunakan Youtube untuk mencari trailer.

Oh ya, trailer-trailer sekuel Batman Begins, The Dark Knight dan anime Batman: Gotham Knight dirilis di situs-situs promosi viral menggunakan flash, bukan quicktime seperti trailer-trailer film Warner Bros sebelumnya walau aku masih bisa mengunduh trailer berformat .mov dan HD dari situs lain seperti Movie-List.com.

0 comments: