Thursday, April 12, 2007

Selamat Jalan Pak Wahyono

Selamat Jalan, Pak Wahyono.

Saya memang selama ini tidak sependapat dalam beberapa hal dengan bapak dalam beberapa hal. Beberapa perbedaan sempat membuat heboh rumah bapak yang selama ini terbuka untuk siapapun. Tetapi saya percaya bahwa kebebasan Bapak untuk berkeyakinan berbeda dengan saya memang layak untuk diperjuangkan.

Sebagai seorang Muslim, saya merasa malu bahwa ada segelintir dari kami yang memaksakan kepercayaan secara halus melalui peraturan-peraturan yang zalim dan meniadakan hak-hak Bapak dan kawan-kawan Bapak di Indonesia. Saya malu bahwa ada orang-orang pandir yang kebanggaan atas keislamannya adalah semu dan hanya identitas belaka, yang memaksa Bapak dan kawan-kawan Bapak untuk menjadi munafik atau terlindas oleh kekuasaan.


Selamat jalan, Pak Wahyono,
biarlah Tuhan yang menjadi saksi atas apa yang telah kita perbuat
memutuskan segala perselisihan kita selama ini dengan adil.


Referensi:
Jaringan Islam Liberal. Dr. Wahyono Raharjo: Kami Dipaksa Munafik. http://islamlib.com/id/index.php?page=article&id=1087 (diakses terakhir 12 April 2007)

0 comments: