Wednesday, August 15, 2007

Baca: Tempo Edisi Khusus Minggu Ini


Pada tahun 2005, Adnan Buyung Nasution, melalui teleconference Jakarta-Brisbane di seminar antikorupsi (makasih Pak Eri dan rekan2 UQISA [UQ-Indonesian Student Association]) pernah mengejek,

"memang, generasi anda (saya lahir tahun 82, artinya yang dimaksud adalah generasi 80-an dan 90-an) adalah generasi yang sudah dicuci otak oleh orde baru. Tahun 50-an dikatakan sebagai tahun terburuk dalam sejarah. Padahal tahun 50-an ada tahun di mana hukum ditegakkan"
Tentu saja, saya masih mencoba mengelak,
"tapi Pak.. Saya pernah dengar bahwa di masa itu, korupsi sudah ada. Bung Hatta pun di masa itu mengatakan 'korupsi sudah membudaya'".

Bang Adnan menyergah
"Benar.. korupsi sudah ada, sudah membudaya seperti yang dibilang Bung Hatta. Tapi hukum jalan, yang dihukum banyak. Dan saat itu hakim tidak segan-segan menjatuhkan hukuman. Sistem jalan"


Nah,
menyambut 17 Agustus yang akan datang,
tahun ini, Tempo membuat edisi berjudul "Pergulatan Demokrasi Liberal 1950-1959: Zaman Emas Atau Hitam".

Hari Senin lalu (13 Agustus 2007), Tempo Edisi Khusus ini belum datang di kampusku dan hari Selasa aku sakit sehingga tidak datang ke kampus. Untunglah, ternyata tukang fotokopi di kantin kampus masih punya sisa satu. Setidaknya bisa menghemat biaya karena dapat edisi mahasiswa.


Kusarankan untuk membacanya.
Setidaknya buat membersihkan 'cuci otak'.. dan juga untuk suatu saat bila bertemu orang-orang seperti Bang Adnan, kita udah siap argumen lagi.. Tidak sekedar mengangguk-angguk. :p

Maaf yah,
Bang Adnan..

Sumpah, demi Allah..
Waktu lihat iklannya di Tempo minggu lalu,
aku benar-benar ingat diskusi kita dahulu.

0 comments: