Thursday, October 11, 2007

Printer HP LaserJet 1000 pada kuliax

Ingat targetku yang kupasang di artikel sebelumnya?


1. nge-print....
dari kemarin belum kucoba. Pertanyaannya adalah pakai printer mana yah?

2. nge-burn CD...
Aku baru menyadari setelah tadi pakai Ubuntu Studio Edition. Ternyata di Kuliax tidak ada s/w buat burning CD.. Atau ada?

3. menginstal kuliax di harddisk yang lain..
Jujur aja, harddisk yang kupakai untuk kuliax terlalu kecil. Sebenarnya gak kecil sih.. Cuma setelah gue mengunduh bermacam2 e-book dari server sebelah, rasanya kok jadi kecil yah? :p


Ingat pula update-ku setelah aku mengutak-atik dd?

update:
dari tiga target, tinggal target pertama yang belum kesampaian...
Lihat posting tentang dd yang kubuat beberapa jam setelah artikel ini.


Nah,
semalam adalah saat aku memenuhi targetku.

Langkah pertama tentu saja dengan langsung mencoba-coba. Tentu saja versi GUI-nya. System->Settings->Printer



Sayangnya, walaupun printer HP Laserjet 1000 terdeteksi saat aku memilih add printers, tetapi selalu gagal saat test-page.

Akhirnya, mbah googling pun jadi sarana untuk mencari tahu dan aku pun menemukan situs berikut:
http://www.linuxprinting.org/show_printer.cgi?recnum=HP-LaserJet_1000

Perlu diketahui bahwa aku tipe membaca yang tidak pernah utuh. Artinya, saat ada bahan bacaan di depanku, aku selalu membacanya secara sekilas. Jadi, aku hanya tertarik dengan baris berikut dari artikel tadi:

The firmware of the printer must be uploaded after turning it on. You can use a hotplug/udev script which comes with foo2zjs, or do it manually: "cat /usr/share/foo2zjs/firmware/sihp1000.dl > /dev/usb/lp0".


Hmmm..
Aku segera mengecek direktori /usr/share dan ternyata, foo2zjs tidak ada. Terkaanku, foo2zjs tidak terinstal.

Aku segera menginstall foo2zjs melalui kambing (debian repositori). Namun kemudian aku menyadari ada peringatan dari situs resminya http://foo2zjs.rkkda.com/

*** DON'T USE the foo2zjs package from Ubuntu, SUSE, Mandrake/Manrivia, Debian, RedHat, Gentoo, MacOSX, or BSD!
*** Download it here and follow the directions below.

Akhirnya aku memutuskan mengikuti petunjuk dari situs resminya dan mengunduh file dari situs resminya. Kurang lebih tahap2nya seperti ini:

$ wget -O foo2zjs.tar.gz http://foo2zjs.rkkda.com/foo2zjs.tar.gz
$ tar zxf foo2zjs.tar.gz
$ cd foo2zjs
$ make
$ su
# make install
# make install-hotplug
# make cups

Namun sayangnya, aku gagal di tahap firefox. Kelak aku mengetahui bahwa firefox dan browser konqueror tidak bisa kubuka bila sebagai root, harus sebagai user biasa (dalam hal ini kuliax). Bisa sih, dengan perintah sudo membuka firefox dan kuliax, tetapi ada beberapa pesan error.

Selain itu, entah kenapa, localhost:631 sering reject dan tampaknya cups-nya mati sehingga harus direstart ulang

# /etc/init.d/cupsys restart

Dan setelah sekian lama aku baru menyadari ada langkah yang kulewatkan, yakni langkah untuk mendapatkan driver (beda driver dengan firmware apa?) untuk HP LaserJet 1000

# getweb 1000

dan kemudian aku menaruh sihp1000.dl yang udah terunduh ke /usr/share/foo2zjs/firmware/


Firefox (maupun browser Konqueror) tetap gagal kugunakan untuk localhot:631. Aku tak tahu apa penyebabnya. Akhirnya, aku kembali menggunakan kcmshell printers.


Kali ini, Test-Page-nya berhasil..
Saking senangnya, aku memberi label 'akhirnya' pada nama printer.

Aku juga membuang2 kertas buat mengecek printer, setelah komputer di-restart, setelah kabel usb dicabut.. Sempat pula, printernya tidak ada lagi, tetapi begitu cups di-restart, nama printernya kembali muncul.


Akhirnya...
gue bisa lepas dari Microsoft Windows.. YEEEAAAH!!!

2 comments:

Anonymous said...

selamat!!! MAKAN-MAKAN :p

Anonymous said...

untuk burn pakai k3b, liat di menu Multimedia