Wednesday, July 30, 2008

Keikayi seksi di Ramayana versi NDTV



Yang jadi aktris-nya siapa yah?
Agak gemuk sih.. tetapi tetap sexieeeehh.
Gak heran kalau Dasarata (Dasharatha) bimbang saat Keikayi (a.k.a Kaikeyi di wiki, atau Kaikayi menurut filmnya) meminta Rama dibuang.

Oh ya, waktu nonton di Youtube, ternyata baca-nya "Keikei".. "Maharani Keikei!".. hihihi


Filmnya sendiri,
desainnya lebih baik daripada Mahabharat versi baru yang diproduksi Ekta Kapoor dari X9. Di salah satu cuplikannya ada adegan sekumpulan patung raksasa, yang kuduga adalah leluhur Rama dari dinasti matahari (Suryavamsha) dan di patung tersebut, masing-masing dikelilingi lingkaran yang kita bisa menebak adalah simbol dari matahari.


Efek visual pun lebih bagus, baik dari pendahulunya, Ramayana tahun 80-an, maupun kontemporarinya, Mahabharata versi Ekta Kapoor. Adegan Rahwana (Ravana) tertusuk panahnya mantap.


Adegan Rama mengancam dewa laut Baruna (Varuna) tidak kalah dibandingkan efek-efek buatan Weta (Lord of The Rings).


Memang tim VFX agak kebobolan saat membuat lokasi untuk adegan prajurit massal, atau beberapa editan yang memperlihatkan sang aktor tidak berada di lokasi tersebut tetapi tidak terlalu mengganggu dan masih dalam taraf bisa dimaafkan.




Satu-satunya yang menggangguku adalah tokoh utama yang terlalu didewa-dewakan. Tetapi aku gak bisa protes karena ini adalah produksi India, dengan mayoritas Hindu dan Rama adalah salah satu tokoh yang disakralkan bahkan di beberapa negara bagian dianggap sebagai dewa sementara buat para pengarang India sendiri, tokoh Rama sering dianggap sebagai Maryada Purushottama (Manusia Sempurna).

Cukup membuat 'gak sreg' untuk non-Hindu.
Itu sebabnya, cerita Ramayana sendiri, aku lebih menyukai versi Jawa. Dan salah satu cita-citaku adalah membuat perusahaan seperti ILM, Weta, SPI, dan sejenisnya agar bisa membuat versi Jawa.



Setidaknya, bila kubandingkan dengan serial pada masa yang sama, Mahabharata versi baru produksi Ekta, Kahaani Hamaaray Mahabharat Ki, serial Ramayana lebih digarap dengan serius.


Hmm...
Ada yang punya DVD lengkap Mahabharat produksi BR Chopra tahun 80-an akhir gak?

0 comments: