Monday, January 12, 2009

Akhirnya... Nasi goreng tidak gosong

Siang ini, aku penasaran dan mencoba masak nasi goreng kembali.

Akhirnya.. berhasil juga.

Kemarin-kemarin, berkali-kali masak nasi goreng dan hasilnya selalu gosong dan pahit.
Kira-kira penyebabnya apa yah?

1. karena aku menambahkan bumbu2 seperti bawang?
2. karena aku memasak dengan api besar?
3. karena aku memasak nasi goreng dan Lis tahu aku memasak nasi goreng sehingga membuatku gugup dan hasilnya nasi gosong?

6 comments:

Ramot said...

lol, pake gugup, alasan abg bgt :))

edratna said...

hahaha...akhirnya...
Siapkan dulu bahan dan bumbunya.
Bumbunya kan sederhana, cuma bawang putih, garam dan cabe....di uleg. Kalau seperti di restoran Jepang, cuma garam halus, tambahkan sambal (saus sambal), irisan bawang putih.

Api kecil saja, dan masukkan bumbu tadi (ingat! Minyaknya atau mentega sedikit aja, biar tak terlalu berminyak). Minyak setengah sendok makan (jika diganti mentega juga segitu)....aduk-aduk, terus masukkan nasinya...aduk terus...sampai semua rata...dan siap dimakan. Kalau mau pakai telor dadar boleh juga, bisa diaduk menjadi satu setelah bumbu dimasukkan penggorengan, bisa juga di dadar terpisah, terus di iris2.

Yang belum biasa, selalu menyalakan kompor dengan api besar, ini sangat salah. Masakan apapun pakai api kecil, merata, jadi masakannnya enak.

Mana fotonya?

mahli said...

pasti no 2 tuh :P api kecil aja, nar, palingan ntar lama jadinya, tapi gak gosong lah :)

cardepus said...

Cuman bisa bilang SELAMAT dan MAKAN2x :D

Lis said...

Good Improvement...

Tapi tetep belum bisa se enak buatan ku kan.. :-D

narpen said...

Apa???
"1. karena aku menambahkan bumbu2 seperti bawang?"

Nasi goreng tanpa bumbu/bawang? Mana enak?? Klo bergantung sama bumbu siap saji/saos2an jadi ga sehat lho..

Kayanya sih cm karena krg latihan aja mas, nanti lama2 sense-nya muncul sendiri ko :) -kata dosenku sh gtu, hehehe-

tetep semangat!