Friday, January 23, 2009

Generasi Kedua?

Percakapanku dengan seorang wanita Kanton yang sudah tinggal di Amerika Serikat sejak berusia 7 tahun.

WK:
Banyakkah orang Cina di Indonesia?

AKU:
Banyak. Sebagian besar tidak bisa berbahasa Cina (Mandarin).

WK:
Oh yah?
Banyak yang generasi kedua atau ketiga kah?

AKU:
Generasi kelima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, dan seterusnya. Sebagian dari mereka sudah ada di masa kaisar Chien-Lung (QianLong) dari dinasti Ching (Qing) dan sebagian lagi bahkan sudah ada semenjak masa kaisar Yung-Lo (YongLe) dari dinasti Ming.

WK:
Wow!
Berarti sudah lama sekali orang-orang Cina berada di Indonesia. Itu sudah ratusan tahun.

AKU:
Yup.

2 comments:

Anonymous said...

gw akan sangat terkejut kalo percakapan itu dilakukan dalam Bahasa Indonesia :D

Anonymous said...

Tentu saja tidak dalam Bahasa Indonesia. Aku ngobrol dengan wanita keturunan Kanton, bukan dengan Barrack Husein Obama yang masih bisa berbahasa Indonesia :P

Percakapan sesungguhnya dalam Bahasa Inggris.