Friday, January 23, 2009

Menkominfo seharusnya menegur stasiun-stasiun televisi yang menayangkan Inagurasi Obama

hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
-- UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen



Saya terkejut membaca postingan Pak Ibam berjudul "The Haunt of Orde Baru" bahwa nyaris semua stasiun televisi di Indonesia menayangkan inagurasi Presiden Obama.

Lepas dari suka atau tidak suka saya pada Tuan B.H.O, perilaku stasiun-stasiun televisi Indonesia yang menayangkan inagurasi Obama secara serempak (walau dengan berbagai macam bumbu) adalah sangat disayangkan, setidaknya dipandang dari dua sudut pandang.

1. Nasionalisme
Ketika saya berada di Australia tahun 2004, kawan-kawan saya di Indonesia mengeluhkan tidak bisa melihat Taufik Hidayat berlaga di Yunani. Tahun lalu, saya dan ibu saya tidak bisa menonton Thomas Cup dan Uber Cup melalui kabelvision padahal sama-sama saluran TransTV. Bagaimana mungkin tiba-tiba sosok asing yang bukan orang Indonesia dan sedang tidak berada di Indonesia tiba-tiba disiarkan serentak di hampir seluruh televisi Indonesia?

2. Merugikan Konsumen
Siaran serentak sebenarnya melanggar hak konsumen untuk memilih siaran. Walaupun siaran yang sama diberikan bumbu yang berbeda (entah itu ada komentatornya atau ada selingan sana-sini), intinya tetap siaran yang sama. Kalau semua stasiun TV menayangkan pertandingan sepakbola yang sama, biarpun ada komentator berbeda-beda atau ada selingan berbeda-beda, intinya tetap sama: Merugikan konsumen karena tidak bisa memilih.


Sekedar catatan, di sini (Amerika Serikat) pun, yang menayangkan inagurasi secara live cuma saluran TV yang mengkhususkan pada berita seperti CNN. Saluran TV lainnya menanyangkan acara lain seperti biasa.

4 comments:

Anonymous said...

jadi inget quote beberapa bulan lalu...

"he is not going to be your president."

LOL xD

adiwirasta said...

hehehe...

pas menjelang inagurasi, gw malah nonton NFL ( pittsburg lawan apa yah? gue lupa, hihihi).
Lebih seru aja.

Anonymous said...

hare gene nonton tv?

LOL

Anonymous said...

saya termasuk orang yang rela tidur malam demi liat inagurasi obama loh. Kebetulan saya gak punya tipi kabel, jadi tipi lokal yang nayangin acara itu cukup bermanfaat juga.
Yang namanya stasiun tipi pasti udah itung2an, rating tayangan inagurasi obama itu pasti bagus, dan faktanya memang begitu. Yaaaah, nonton inagurasi obama bukan berarti gak nasionalis kan? Tapi kita bisa mengamati, bisa belajar dari mereka tentang banyak hal. He3. Salam kenal. Merdeka!!