Wednesday, February 04, 2009

Kutipan tentang Yahudi di Koki Kompas

Bahwasanya Presiden Iran Ahmadinejad getol berkaok-kaok menyuarakan anti Israel dan Zionis ternyata dia masih melindungi orang Yahudi Persia yang tinggal di Iran sejak dulu. Bahkan di Parlemen Iran disediakan sedikitnya satu kursi untuk perwakilan Yahudi dan satu lainnya untuk penganut agama Zoroaster. Di Tehran sendiri ada 20 Synagogue, Sekolah Yahudi, Perpustakaan Yahudi dan lain-lain serba Yahudi. Bahkan Rumah Sakit Yahudi justru pasien dan staf-nya kebanyakan Muslim.

Ayatollah Khomeini sendiri sekembalinya dari pembuangan di Paris mengeluarkan fatwa melindungi orang Yahudi yang bermukim di Iran. Dia membedakan Komunitas Yahudi dengan Israel & Zionisme. Dia memandang orang Yahudi Persia sebagai orang Iran. Republik Islam membedakan jelas antara Zionisme sebagai partai politik sekular yang menggunakan simbol dan idealisme Yahudi dengan Judaisme sebagai agama yang diperkenalkan Nabi Musa. Lucunya justru Yahudi dibawah Khomeini jadi kian "agamis", orang Yahudi yang tadinya sudah agak sekular jadi kembali mengikuti Taurat.

Adalah suatu yang wajar saja Pemimpin Iran yang Muslim berkunjung ke Sentra-sentra Komunitas Yahudi bahkan mantan Presiden Iran Mohammad Khatami ketika masih berkuasa pernah mengunjungi Synagogue.

dari
http://community.kompas.com/index.php/read/artikel/2263

Tolak segala bentuk kezaliman!
Kebencian, solidaritas, bukanlah pembenaran untuk melakukan kezaliman!

0 comments: