Wednesday, April 01, 2009

Lagunya Aktivasinya The Final Five di Battlestar Galactica

Saya selalu terkesan dengan lagu yang bisa berkembang seiring dengan waktu. Menciptakan sebuah lagu yang nyantol di kepala untuk orang sezaman saja susah apalagi bila berhasil bertahan di terpaan waktu.

Kali ini, lagu Bob Dylan yang membuatku terpana dengan lagunya "All Along The Watchtower".

Lagu ini dibuat oleh Bob Dylan setelah kecelakaan motor. Kemudian Jimmy Hendrix mendengarnya dan mengubahnya sedikit. Bob Dylan kemudian mendengar versi Jimmy Hendrix, terkesan dan setelah itu dalam setiap konsernya, dia memainkan versi yang lebih dekat dengan versi Jimmy Hendrix daripada versi asli yang dia rekam dahulu.

Buat para penggemar film, dalam dua tahun terakhir, lagunya nyantol karena muncul dalam dua film yakni Watchmen-nya Snyder dan bagian akhir season 3 plus sepanjang musim terakhir Battlestar Galactica.

Di komik Watchmen sendiri, Moore memang mengutip baris-baris terakhir dari lirik lagunya sementara versi filmnya, Snyder mencantumkan seluruh lagu yang dimainkan oleh Jimmy Hendrix.

Aku suka versi Battlestar Galactica, di mana Bear McCreary menambahkan sitar yang membuat kesan eksotis pada lagunya. Lagu ini pertama kali muncul ketika Kolonel Tigh dalam persidangan melawan Gaius Balthar. Kelak lagu ini juga muncul di kepala tiga orang lainnya yang kemudian membuat mereka berkumpul di dekat pesawat milik Kara Thrace. Kesamaan ini membuat mereka menyadari bahwa mereka sesungguhnya adalah Cylon dan pengungkapan ini membuat konflik batin.

Sepanjang musim terakhir, lagu ini sering muncul menjadi tema The Final Five. Kemudian Kara menyadari bahwa lagu ini ia dengar dari ayahnya yang kemudian ia curiga merupakan petunjuk. Kelak di saat kritis di mana ia harus melakukan jump, ia memasukkan lagu ini yang ternyata kordinat dari.... ah.. tonton saja sendiri.

Lirik lagu ini juga cukup bagus. Tak heran Alan Moore memasukkan liriknya ke dalam komik Watchmen. Berikut adalah liriknya:

"There must be some way out of here," said the joker to the thief,
"There's too much confusion, I can't get no relief.
Businessmen, they drink my wine, plowmen dig my earth,
None of them along the line know what any of it is worth."

"No reason to get excited," the thief, he kindly spoke,
"There are many here among us who feel that life is but a joke.
But you and I, we've been through that, and this is not our fate,
So let us not talk falsely now, the hour is getting late."

All along the watchtower, princes kept the view
While all the women came and went, barefoot servants, too.

Outside in the distance a wildcat did growl,
Two riders were approaching, the wind began to howl.




0 comments: