Saturday, October 24, 2009

Memainkan Warcraft III tanpa CD di Kuliax menggunakan Wine


Seperti yang kukisahkan pada Februari lalu, aku melakukan kesalahan konyol hingga harus menginstall ulang Kuliax (sempat mencoba Ubuntu tetapi gak nyaman dan balik ke Kuliax). Dan dalam proses instalasi itu, aku kehilangan banyak hal termasuk games-games yang kusayangi seperti Counter Strike.

Nah, kemarin aku diberikan file-file Warcraft III dan Frozen Throne (yup, katanya buat DoTA). Nah, waktu kujalankan dengan wine (dari repo), ternyata error meminta CD dengan pesan error di console sebagai berikut:

fixme:actctx:parse_depend_manifests Could not find dependent assembly L"Microsoft.VC80.CRT"
fixme:actctx:parse_depend_manifests Could not find dependent assembly L"Microsoft.VC80.CRT"
err:module:import_dll Library MSVCR80.dll (which is needed by L"C:\\Program Files\\Warcraft III\\Storm.dll") not found
err:module:import_dll Library Storm.dll (which is needed by L"C:\\Program Files\\Warcraft III\\war3.exe") not found
err:module:import_dll Library MSVCR80.dll (which is needed by L"C:\\Program Files\\Warcraft III\\war3.exe") not found
err:module:LdrInitializeThunk Main exe initialization for L"C:\\Program Files\\Warcraft III\\war3.exe" failed, status c0000135


Di Windows XP (laptopku sekarang Dual OS) berjalan dengan baik. Masalahnya, aku gak ingin bermain di Windows. :D

Mendapat inspirasi dari forum Ubuntu, http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=845750, aku menggunakan script winetrick untuk menginstall vcrun2005sp1. Namun ternyata tetap tidak berhasil.

Akhirnya ada dugaan masalah karena wine (walau ternyata, mungkin juga bukan). Jadi akhirnya aku mengunduh source code wine dari sourceforge, dan mengompilasi ulang seperti ketika dahulu menginstall Counter Strike.

Pertama, yakinkan bahwa semua aplikasi prasyarat telah ada. Kalian bisa melihat prasyaratnya di http://wiki.winehq.org/Recommended_Packages.

Kedua, konfigurasi.
$ ../configure --enable-opengl

Ketiga, make
$make depend
dan
$make

Nah, saat make itu, bakal lama banget. Jadi sangat disarankan sambil mengerjakan hal-hal lain. Saya sendiri, dari sore, sambil mengikuti tes penempatan (placement test) untuk kelas Bahasa Inggris dan malamnya mengikuti presentasi MACO di kantor. Dan selama itu, saya biarkan laptop saya berjalan melakukan make.

Ketiga, install
#make install
Jangan lupa lakukan proses yang terakhir ini sebagai root atau superuser.

Dan harusnya sudah cukup. Tetapi ternyata setelah kucoba, tetap tidak jalan dan mengeluarkan pesan error yang sama. Lalu setelah kujalankan script winetrick dan menginstal vcrun2005sp1 dan tetap saja tidak bisa.

Ternyata solusinya sederhana. Hapus direktori .wine yang sudah terlanjur ada di direktori rumah (home directory). Saat menjalankan ulang skrip winetrick, direktori .wine yang baru akan dibuat.


Namun.. tiba-tiba saat kujalankan, ternyata lambat sekali. Kenapa? Ternyata karena Xorg-ku tidak ku-set untuk menjalankan OpenGL. Untungnya, saya masih menyimpan file xorg.beryl.conf hasil utak-atikku dahulu. Tinggal salin-tindih (copy-overwrite) ke file /etc/X11/xorg.conf dan restart X-Windows-nya (ctrl-Alt-backspace) dan voila! Akhirnya Warcraft III bisa dijalankan.

Tinggal mencoba mengeset wireless menjadi ad-hoc dan baru mungkin bisa bertanding dengan kawan-kawan nih. (hmm.. dokumentasi ifconfig dan iwconfig yang enak dibaca di mana yah? Jangan katakan 'man ifconfig' atau 'man iwconfig'... malas bacanya :D.

Oh iya, sekedar catatan:
Aku sebenarnya melanggar hak cipta dan lisensi dari dua perbuatan. Satu, menggunakan Warcraft bajakan.. hihihihi. Dua, menginstall dll-windows menggunakan winetrick.

2 comments:

Andreas said...

Saya tidak pernah menyukai wine...
hehehehe...

kunderemp said...

Yang dipakai VirtualBox yah? Atau bahkan Qemu? Atau bahkan bersumpah tidak akan menggunakan software-software tidak bebas?