Friday, October 14, 2011

Spektika





Aneh.. aku kok dibilang lebih dekat ama Bung Karno yah?



Katanya sih

Konservatif esoteris moderat adalah bentuk moderat dari sistem nilai konservatif esoteris. Kuadran nilai ini merupakan bentuk adaptasi cara pandang konservatif terhadap nilai-nilai yang menjadi landasan dari cara pandang progresif. Ciri utamanya adalah penerimaan terhadap prinsip kebebasan dan kesetaraan antar individu sebagai fondasi dalam interaksi sosial. Meskipun secara natural setiap orang berbeda satu sama lain, tidak ada justifikasi moral untuk memperlakukan atau menempatkan setiap orang dalam posisi yang tidak sejajar.

Dalam soal keyakinan keagamaan, prinsip penghargaan terhadap keberagaman pemahaman menjadi pengikat dari semangat untuk hidup bersama dalam bingkai kenegaraan. Namun individu dalam sistem nilai ini juga secara implisit masih menjaga tradisinya. Nilai moral dan norma dalam masyarakat tetap dipelihara dan dihormati sambil terus berupaya dikontekstualisasikan dengan perubahan zaman. Dalam hal ini, inovasi dan pembaharuan terhadap tradisi terus dilakukan dengan tujuan agar nilai-nilai dari tradisi tetap terpelihara.

Dalam sistem nilai ini, negara tidak dipandang sebagai institusi yang mengancam kebabasan individu. Intervensi pemerintah melalui aturan-aturan yang membatasi kebebasan individu diterima dalam kerangka tanggung jawab negara untuk meningkatkan kesejahteraan, menjamin keadilan bagi setiap individu. Sistem nilai ini memberikan legitimasi moral pada paternalisme negara. Hal ini berbeda dengan sistem nilai konservatif esoteris ekstrim yang memberikan legitimasi moral pada otoritarianisme negara.

Karakteristik dari sistem nilai ini dimiliki oleh masyarakat yang memiliki kultur paternalistik yang kuat. Oleh karena itu, dalam konteks ideologi, sistem nilai ini cenderung dekat pada ideologi republikanisme sosial. Yakni, ideologi republikanisme dalam masyarakat yang paternalistik. Disebut republikan karena secara tegas menerima model negara kesatuan dan prinsip-prinsip demokrasi.


Untuk yang pengen mencoba, silakan kunjungi:

http://spektika.com/

1 comments:

ADMIN CERITA SERU said...

Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di blog saya http://ceritaserudewasa.blogspot.com