Tuesday, May 02, 2017

May Day Hanya di Negara Dunia ke-3 ?

"May day hanya terjadi di negara dunia ke 3 yang diusung oleh konsep komunis-sosialis." -- seorang kawan sambil berbagi video pembuatan kondom menggunakan mesin.

Pertama,
May Day tidak hanya terjadi di negara dunia ke-3. Di negara maju seperti Amerika Serikat pun ada walaupun sebenarnya untuk negara Amrik karena sejarahnya agak beda, dirayakan bukan tanggal 1 Mei tetapi hari Senin pertama di Bulan September.

Kedua, salah satu hasil kerjaan serikat buruh adalah pembatasan waktu 8 jam bekerja. Sebelumnya, jam kerja itu bisa sampai 15 jam. Mungkin sebaiknya engkau belajar-belajar lagi deh contoh keberhasilan tuntutan buruh dari abad 19 hingga sekarang.

Ketiga,
kalau kamu doyan nonton film Hollywood atau nonton TV serial produksi Hollywood dan kamu mengikuti berita-berita tentang mereka, kau pasti tahu seberapa kuat serikat pekerja hollywood (macam SAG atau Screen Writer Guild) hingga mereka beberapa kali melakukan mogok kerja.

Apakah tuntutan para serikat pekerja Hollywood membuat kualitas film dan serial TV Hollywood menjadi sangat buruk dibandingkan kualitas film dan serial TV negara lain? Tidak!

Beda dengan di Indonesia, di mana para buruh-buruh sinetron (termasuk aktor-aktris) ditekan oleh para pemilik modal tanpa ada posisi tawar yang kuat. Apakah ketiadaan serikat pekerja yang kuat di dunia sinetron Indonesia menjadikan sinetron Indonesia lebih baik? Tidak!

Eh,
tapi kan dengan mahalnya buruh di negara maju, perusahaan-perusahaan melempar pekerjaan ke negara-negara ketiga macam India, RRT, dan tentu saja Indonesia. Bukannya berarti serikat buruh di sana memperparah keadaan di negara sana?

Sebenarnya, tindakan outsourcing untuk menekan produksi itu merugikan negara asal dan negara tenaga kerja. Dari sisi negara asal, jelas lahan pekerjaan menjadi berkurang. Dari sisi negara tenaga kerja, mereka bersaing dengan negara lain tanpa jaminan kecuali kontrak.

Bila sumber tenaga kerja kurang cerdas dalam membuat kontrak, bisa terjadi kasus seperti di balik layar Life of Pi di mana filmnya sangat laris, produser film sangat untung, tetapi perusahan kecil yang mengerjakannya bangkrut.

Balik ke topik,
kalau kamu sinis ama serikat-serikat buruh tetapi kamu masih doyan nonton film Hollywood, doyan nonton serial-serial TV Hollywood, sebaiknya mulai hapus file-file film-mu, bakar koleksi-koleksi Blu-Ray, DVD, dan VCD-mu, dan blokir situs-situs nonton streaming.

~RacauanGakJelasPagiPagi

2 comments:

cardepus said...

Gw ga libur :((

kunderemp said...

Kasihan... Portugis gak libur ya?
Ini Mayday di Indonesia juga baru libur dua tahun terakhir kok.