Thursday, November 16, 2006

Pusing...

Beberapa bulan lalu aku bergabung dengan milis Tjersil karena ajakan mpok Ulysee. Tapi baru hari ini aku melihat isinya dan...

Pusing..
Ternyata pengetahuanku tentang cerita silat ( lebih tepatnya wuxia ) sangat cetek.. Ugh.

Yang dibahas antara lain:

  1. penerjemahan nama dari Mandarin ke bahasa Hokkian (dari Yang Guo, mana yang lebih tepat 'Yo Ko' atau 'Nyo Ko'?)

  2. ketidaksesuaian film-film Tsui Hark dengan novelnya. Waduh.. Tsui Hark termasuk sutradara favoritku tetapi di sini dicacimaki sebagai numpang nama. Tapi aku memang belum pernah baca novel Qi Jian Xia Tian Shan (Tujuh Pendekar dari Tian Shan? [Nebak Mode = ON :D])

  3. Penerjemahan judul. Misalnya "The Four Warriors" yang sebenarnya penggunaan kata "warriors" itu salah. Dan masih diperdebatkan apakah Opas, Pengawal, atau Hulubalang yang lebih tepat. Trus juga kenapa Thian Liong Pat Poh jadi "Pendekar Negeri Tayli" padahal ada banyak negeri yang terlibat.. kenapa tidak "Delapan Titisan Naga Langit"? Kan lebih puitis seperti itu.
Memang sih aku agak-agak nangkap cerita-cerita yang mereka maksud. Tetapi aku benar-benar gak sanggup untuk ikut nimbrung apalagi pengetahuanku tentang cerita-cerita tadi kebanyakan cuma dari serial silat dan komik-komiknya. Hanya satu novel wuxia yang aku benar-benar baca, yaitu Pedang dan Kitab Suci.

Jadilah aku cuma pembaca pasif di milis tersebut. Jarang banget lho aku tidak komentar sama sekali di milis yang kuikuti.

Sigh..

Duh.. ternyata di atas langit memang masih ada langit.
Dan.. aku masih di kaki gunung, belum sampai langit.

3 comments:

Anonymous said...

Hmm... ketemuan di mana yah?
Aku masih sering di kampus lho sampai semester depan. Soalnya aku masih utang 34 sks di sini. Dan sekarang kuliahnya gabung dengan anak2 reguler.

Anonymous said...

wew...aku suka triloginya "pendekar binal"
Hidup Siau-hi-ji!

Anonymous said...

Eh... Pendekar Binal itu tentang Siau Hi Ji dan Hoa Bu Koat yah?

Kalau komik Twins yang sekarang, masih setia dengan ceritanya atau tidak yah?