Monday, September 03, 2007

Repository Perundang2an pra 2000?

Beberapa minggu lalu aku agak-agak kesal dengan Pak Ibam a.k.a RMS46.

Mengapa? Karena peraturan-peraturan perundang2an sebelum tahun 2000 (alias 1990-an) tiba-tiba menghilang dari bebas.vlsm.org.

Padahal sebelum-sebelumnya aku biasa menggunakan repositori tersebut untuk membaca undang-undang.


Ternyata,
saat aku melihat situs resmi pemerintah Indonesia, semua produk UU pra-2000 dihilangkan.

What the???

Padahal tidak semua UU dan PP pra-2000 sudah direvisi. Beberapa masih dipakai. Misalnya, malam ini aku sedang mencari UU No. 14 tahun 1992 dan PP No. 43 dan 44 tahun 1993.


Kenapa sih mesti diturunkan?
UU dan PP tersebut masih berlaku, masih relevan!

2 comments:

jpmrblood said...

Wah, bukan gitu, Nar. Masalahnya ada orang yang ngaku2 bahwa sebagian UU yang ada di Bebas adalah karya dia. UU di Bebas itu dari berbagai sumber dan kita gak punya waktu untuk verifikasi kebenarannya. Jadinya, link di Bebas itu dihapus untuk menghindari masalah.

Emang ada juga yang nanyain, soalnya kumpulan UU di Bebas lebih lengkap daripada hukum online.

Kunderemp An-Narkaulipsiy said...

Iyah, Jepe..

Tadi aku juga bertanya langsung pada Pak Ibam.

Siapa sih orang yang mengaku punya UU tersebut? Sampai situs pemerintahpun gentar dan menurunkan versi pdf-nya?