Saturday, October 27, 2007

Celebrity Blogs -- Unofficial Story



Ini adalah kisah yang mungkin tak penting untuk diceritakan. Kisah yang sesungguhnya terjadi namun terlalu gak penting untuk diungkapkan di muka publik saat pesta blogger kemarin.

Sebenarnya ada beberapa yang tampaknya terlalu bersifat pribadi jadi aku gak yakin akan menempatkannya di sini. Tapi ada yang beberapa yang rasanya sayang kalau disembunyikan. Jadi mbak Maylaffaza atau Mas Joko Anwar, kalau saya memilih bahan mohon dimaafkan (dan beritahu aku agar aku bisa mengedit ulang).

Sebenarnya, harus diakui bahwa tema 'celebrity blog' itu 'sucks', membosankan, kering. Bahkan karena sebalnya, Joko Anwar sengaja mencoret-coret kata 'celebrity'. Maylaffaza bahkan bercerita, isi blognya yang paling banyak dikomentari justru bertemakan keseharian wanita, yakni perkara dokter kulit, yang komentarnya berupa share (berbagi pengalaman) dari pengunjung. Aku sempat mau ngajak ke "Woman's Issue" yang kebetulan difasilitasi ama nyokap gue lho.. hihihi.

Nah,
Kalau Joko Anwar, ini kesempatan kita buat menanyakan, adakah hubungan antara Joko Anwar dengan sinema-indonesia, blog yang tidak segan-segan menghadiahkan 'kancut' pada film-film buruk Indonesia.

"Jadi apa hubungan Mas Joko dengan Sinema-Indonesia"
"Tidak ada sama sekali"
"Kenal dengan orang-orangnya"
"Tidak"
"Pernah ketemu dengan orang-orangnya"
"Tidak"
"Benar-benar tidak pernah ketemu?"
"Mungkin pernah bertemu tapi tidak tahu kalau mereka dari sinema indonesia, mungkin jangan-jangan ini, ini, ini (sambil nunjuk para pengunjung, termasuk yang bertanya)"


Baik Joko Anwar maupun Maylaffaza tidak pernah merasa dirinya sebagai selebritis blog. Maylaffaza sendiri pernah sih mendapatkan komentar-komentar norak bin gak sopan, tapi orang-orang seperti itu biasanya cuma satu atau dua orang.


Joko Anwar sendiri mengatakan bahwa dia sering memutakhirkan (update) isi blognya, hanya saja, banyak yang sengaja tidak pernah ia tampilkan karena isinya yang memang tidak diinginkan untuk dibaca orang banyak.

Masalah komentar yang dimanfaatkan untuk kritik. Joko Anwar menyatakan tidak pernah takut. Ia justru senang dan malah ada komentar-komentar yang membuat ia tertawa. Misalnya ia pernah mendapatkan komentar kritik yang salah alamat.

Persoalan komentar, Joko Anwar bahkan memiliki 'musuh' (yang sebenarnya ia juga tidak kenal) yang rela komentar di blog sana-sini hanya untuk mengatakan 'Joko anwar is suck'. Jadi penasaran bagaimana kalau Joko Anwar bertemu langsung dengannya... jangan2 kayak waktu antara aku dan kang kombor.. hihihi


Inti ceritanya adalah...
mereka berdua adalah blogger sejati. Bukan napa-napa, mereka nge-blog karena mereka ingin nge-blog. Mereka boleh seorang selebritis di mata wartawan tetapi di antara blogger, mereka adalah blogger, sama seperti kita-kita ini.


Teruskan nge-blognya yah, mbak Maylaffaza dan Mas Joko Anwar. Dan buat Mas Joko Anwar... kalau mau buat film lagi, jangan lupa bikin blog-nya lagi...


Dan buat yang lain yang ingin melihat blog selebritis, siapapun ia, please forget who he/she was.. look at what he/she wrote, not what he/she did in the past (kecuali kalau berkaitan dengan apa yang ia tulis). Aku agak-agak miris melihat komentar-komentar di blog Tiara Lestari.

1 comments:

tukang ketik said...

Kalau blog yang pengen jadi selebritis, masuk kategori apa yah mas? hihihi...

dah lah... ga usah kritis2. santai aja.