Sunday, June 22, 2008

Ngoprek kompie keluarga

Melanggar janji posting.. hehehe..
maaf.. terlalu sibuk...

Dari kemarin ngoprek kompie keluarga (baca: kompie yang biasa digunakan oleh ibuku, adikku [kalau sedang keluarga], dan aku kalau mau chatting ama istriku)

Berawal dari niat membersihkan debu di dalamnya (percayalah.. sampai membuatku terbatuk-batuk), sekalian juga menginstall harddisk (lupa berapa Giga.. 250 kah?) yang sudah lama banget dibeli tetapi tak pernah terinstall. Sekalian aja install linux.

Tadinya pengen pakai Dreamlinux yang jadi bonus majalah infolinux.. tetapi DVD-nya hilang ke mana yah?
Trus pakai DVD Ubuntu 8.04 dari Infolinux tetapi entah kenapa settingannya monitor gak beres. Pencet "enter" sana-sini hasilnya malah masuk ke windows manager XFCE. Sebenarnya gak masalah sih seandainya, fiturnya tidak sesedikit itu. Bahkan tidak ada gparted.. sigh..

Intinya sih, aku pengen Linux yang di-install adalah

1. debian-based atau knoppix-based atau ubuntu-based
alasannya, aku sudah terbiasa untuk memutakhirkannya (update) dengan APT.

2. dari live-CD dengan alasan, gue malas setting2... hihihihi


Akhirnya aku menggunakan Kanotix yang dulu kubeli waktu jalan-jalan di Yogya di malam tahun baru.. (Ah.. aku kangen Yogya).

Nah, ternyata ada beberapa problem, misalnya harddisk SATA gue gak terinstall atau DVD Batman Begins dari region 4 ( Australia ) gak bisa diputar. Belum lagi masalah printer.

Untunglah, soal SATA sudah kuketahui jawabannya. Ternyata kata kuncinya ada di bootloader. Pada paramater, tinggal tambahkan 'libata.atapi_enabled=1'.

Saat ini aku sedang mencoba menginstall mplayer, mencoder dari Kebo (karena dari tadi aku gak bisa mengakses Kambing) sambil mendengarkan lagu2 Batman Begins yang kusimpan di harddisk SATA (partisi kedua).

Percaya atau tidak,
Grub untuk masuk ke linux ini tidak dari partisi linux melainkan dari Windows.. yup.. Grup4windows. Aku lupa di mana mendapatkannya..


Nanti kalau udah lumayan, tinggal mengajarkan orang tua deh :P


Jadi daftar pekerjaan ngoprek selanjutnya
1. install driver untuk printer
2. install office (Open Office)
3. update GIMP dan install gqview
4. usahakan bisa nonton DVD terutama dari berbagai region (termasuk region 4 -- Australia)


Udah ah...
belum mandi dari tadi pagi..
abis itu mulai kerja.. kerja...
biarkan APT-get beraksi tanpa kuawasi

Update
sudah bisa nonton DVD tetapi gambar terputus-putus.. kayaknya harus install driver untuk video.. hmmm intel915 kah? Bisa pakai xserver-xorg-video-i810 gak?

Bisa menyalin gambar dari kamera Sony DSC-P93 milikku (sekalian mencoba kabel yang baru kubeli dari Melawai Elektronik di Blok M). Hanya saja, mountingnya sedikit bermasalah dan terpaksa manual. Berikut adalah gambar yang tadi kusalin dari kameraku



(aku masih harus mencoba untuk kamera2 digital lain.. yang jelas piranti lunak gtkam tidak bisa mendeteksi kameraku tadi)

Update 2:
Sudah bisa nonton.. :P



Sekarang sedang download open office dan hmm.. games!!!

1 comments:

edratna said...

Nanti ajarkan ibu ya.....biar ibu juga tambah pandai....
Kemarin dikantor teman malah dapatnya kompie yang windows 2007...duhh awalnya bingung, tapi sebetulnya asyiik banget. Masalahnya kompie lainnya masih windows 2003...jadi kalau mau nge save...harus diubah dulu, biar nanti bisa diprint di rumah dan printer lainnya.