Wednesday, April 22, 2009

[Pratayang] Christine Hakim dan Perdagangan Wanita (Human Trafficking) dalam Film

Siapa yang penonton film Indonesia yang tak mengenal Christine Hakim? Tahun ini, setidaknya ia bermain dan dua film dan uniknya, keduanya memiliki tema Perdagangan Wanita. Bedanya, yang satu adalah tema utama sementara yang satu adalah tema sampingan.


Jamila dan Sang Presiden
Saya sebenarnya bergidik melihat produsernya, MVP Pictures. Saya masih sulit memaafkan adaptasi mereka untuk novel Drop Out. Tetapi sutradaranya kali ini adalah Ratna Sarumpaet, kurasa mereka tak akan berani macam-macam. Selain itu, sumber kisahnya berasal dari teater.

Jamila dan Sang Presiden mengisahkan tentang Jamila, pembunuh pejabat yang mencuat di harian nasional. Ketika akhirnya ia divonis mati, ia tidak meminta untuk bertemu ayah dan ibunya tetapi malah meminta bertemu ulama terkenal dan presiden.

Saya melihat trailernya di Youtube dan jujur saja, dosa MVP Pictures di film DO tidak ada di versi trailer. Saya masih ingat betapa muntahnya melihat film DO dibuat hanya dengan kamera sinetron dan dengan sinematografi murahan yang bikin pusing kepala. Tampaknya MVP Pictures bertobat dan serius membiayai pembuatan film ini.

Trailernya cukup seru dan tampaknya sengaja diedit untuk memprovokasi di mana di salah satu adegan ditunjukkan kelompok ormas Islam (dipimpin oleh sosok yang diperankan Fauzi Baadilah) berdemonstrasi, menentang grasi ( "tidak ada grasi untuk PELACUR").

Christine Hakim berperan sebagai sipir penjara di film ini.

Film ini akan mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia tanggal 30 April 2009.






Merantau
Berbeda dengan film sebelumnya, tema perdagangan wanita adalah tema sampingan di film Merantau. Tema utamanya sendiri, seperti judulnya, adalah Merantau, di mana karakter utamanya menjalankan tradisi Minang dan di Jakarta ia bertemu dengan karakter wanita yang merupakan penari di klub malam. Sialnya, si penari tidak menyadari bahwa klub tersebut adalah kedok dari perdagangan wanita.

Christine Hakim muncul sebagai cameo, berperan sebagai ibu dari karakter utama.

Film ini sedang dalam masa syuting (atau editing?) dan diperkirakan untuk rilis bulan Agustus yang akan datang.

0 comments: