Wednesday, June 10, 2009

Run As Java Application di Eclipse Ngambek

Simptom (gejala):

1. muncul kotak peringatan:
java virtual machine launcher
could not find the main class. program will exit
2. Di bagian log tertera:
java.lang.UnsupportedClassVersionError: no/tc/test/Test (Unsupported major.minor version 50.0)
at java.lang.ClassLoader.defineClass(Ljava.lang.Strin g;[BIILjava.security.ProtectionDomain;)Ljava.lang.Cla ss;(Unknown Source)



Pesan Unsupported major.minor biasanya terjadi bila JRE mencoba menjalankan file .class yang bukan merupakan hasil kompilasi dengan jdk yang seimbang.

Untuk meyakinkan, pada kotak editor, klik kanan dan pilih run as -> run configuration dan nanti di kotak dialog yang muncul akan tampak tanda silang berwarna merah dan biasanya dijelaskan mengenai ketidaktepatan JRE dengan .class.

Kalian bisa memperbaiki dengan mengubah JRE (Runtime JRE) dengan berbagai cara, misalnya di configure build path dan di kotak dialognya, pilih tab libraries dan klik dan JRE System Library dan klik edit.

Di kotak pilihan JRE, nanti ada tiga pilihan: workspace default, alternate JRE, dan Execution Environment. Kalian bisa mengikuti insting kalian dari sini.

Bila kalian ngotot tidak mau mengubah JRE dan menginginkan mengubah versi JDK, kalian bisa mengubahnya di Window -> Preferences. Di kotak dialog yang muncul, di bagian tree pilih Java-> Compiler. Nanti di dialognya ada Compiler Compliance Level dan kalian bisa memilih di situ.

0 comments: