Friday, February 14, 2020

Petunjuk (non-Teknis) Cara Membaca File Berformat .acsm

Pernahkah Anda membeli atau meminjam buku (seperti pada Google Playstore atau Archive.org) dan anda melihat ada fitur unduh (download) dan dalam bentuk .pdf atau .epub dan anda kecewa karena ternyata berkas yang terunduh berbentuk .acsm ?

Anda harus memiliki Adobe Digital Edition. Anda bisa mengunduhnya dari situs resmi Adobe.

Jika Anda menggunakan GNU/Linux maka caranya sedikit rumit.

1. Sebaiknya gunakan versi 4.5.0, bukan versi setelahnya.  Silakan berburu versi tersebut.

2. Install .Net Framework 4. Anda bisa menggunakan bantuan winetrick untuk memasangnya dengan perintah winetrick dotnet40. Aplikasi winetrick ada di repository Ubuntu.


Setelah Anda berhasil memasang Adobe Digital Edition (ADE), maka bukalah file .acsm itu dan Anda akan ditanyai AdobeID. Anda bisa mendapatkan AdobeID dengan mendaftarnya di situs Adobe.

Setelah mengisi AdobeID, maka ADE akan menyalin file .pdf sesungguhnya dalam keadaan terenkripsi alias memiliki DRM. Dengan demikian Anda hanya bisa membukanya dengan menggunakan aplikasi ADE (atau mungkin aplikasi lain yang juga bisa memanfaatkan AdobeID).

MELEPAS ENKRIPSI
Apakah Anda merasa tidak puas? Kebebasan Anda dibatasi? Anda ingin membuka file tersebut dengan aplikasi lain yang sayangnya tidak mendukung DRM Adobe ID?

Maka manfaatkan dua aplikasi yakni
1. Calibre (tersedia versi Windows dan Linux (ada di repository Ubuntu ))
2. DeDRM plugin untuk Calibre buatan Apprentice Alf.

Setelah Anda memasang Plugin untuk Calibre tersebut, jangan lupa melakukan konfigurasi plugin, pilih Adobe Digital Edition. Plugin itu akan mencari instalasi ADE. Jika Anda pengguna Linux, sertakan juga WINEPREFIX agar plugin tersebut bisa mencari instalasi ADE.

Usai melakukan konfigurasi, begitu anda menambahkan file .pdf atau .epub terenkripsi ke dalam Calibre, maka saat itu juga DRM dilepas.

Tulisan ini memang bersifat non-teknis. Untuk petunjuk teknis, silakan berselancar di Internet di antara lautan Github, StackOverflow, dan lain-lain untuk mendapatkan langkah-langkahnya.

0 comments: