Monday, July 09, 2007

Peta Pertarungan Perusahaan VFX di Tahun 2007

VFX adalah salah satu komponen yang kadang-kadang menjadi daya tarik film-film mainstream. Di tahun 2007 ini, kita diperlihatkan banyak film dengan efek spesial.

Jadi, kurang lebih peta perusahaan efek visual spesial seperti ini. Aku kurang mengikuti perkembangan film dan teknologinya jadi mungkin ada beberapa kesalahan. Koreksi bila aku salah.


INDUSTRIAL LIGHT AND MAGIC ( ILM ):
Salah satu sesepuh dari perusahaan efek spesial (dan terkenal dengan T-1000 di Terminator: Judgment Day serta para dinosaurus di Jurassic Park dan jujur saja, menurutku efek meteor di Deep Impact jauh lebih bagus daripada di Armaggedon ). Tahun ini, ILM beraksi dengan dua film, yakni

1. The Pirates of Caribbean: At World's End.
Yakni pada adegan Maelstrom [1](badai pusaran laut --- tapi animasi air sudah jadi andalan ILM semenjak The Abyss, Titanic, Deep Impact, Perfect Storm, dan The Days After Tomorrow) dan adegan awak kapal The Flying Dutchman[2]


2. Transformers
Adegan robot di film Wild Wild West yang dibintangi Will Smith tahun 99 mungkin terlihat cupu dan mesin-mesinnya terlihat sekedar gambar skin yang ditempelkan pada rangka. Tetapi tidak dengan film Transformer. Kita melihat gerakan-gerakan komponen terus menerus pada karakter robot[3]. Misalnya, anak kecil yang kuajak nonton film ini geli melihat kelopak mata Optimus Prime dan jujur aja, aku geli melihat kuping Optimus Prime yang terus menerus bergerak.

Dan adegan wanita menjerit secara slow-motion dan di latar belakangnya salah satu robot berjumpalitan? Dasar pamer.. :p




WETA DIGITAL
Perusahaan yang terkenal dengan trilogi Lord of The Rings dan berkali-kali dimintai pertolongannya oleh film-film Asia (seperti Seven Swords karya Tsui Hark dan Curse of Golden Flower karya Zhang Yimou) dan kepopulerannya sempat membuat George Lucas (pendiri ILM) mau tak mau harus berkomentar tentangnya[4]. Tahun ini nama perusahaan tersebut disebut-sebut dalam satu film yakni

1. Fantastic Four: The Rise of Silver Surfer
Tidak tahu sejauh mana Weta Digital menangani visual efek di FF:TRSS. Yang jelas ia menangai efek berkilau a'la kromium dari Silver Surfer[5]. Ngomong-ngomong, sebenarnya beda jauh gak sih antara T-1000 dari Terminator dengan Silver Surfer?



SONY PICTURES IMAGEWORKS
Perusahaan yang menangani trilogi Spiderman dan beberapa efek visual film lain yang juga kental seperti Hollow Man, Starship Troopers (keduanya kebetulan disutradarai Paul Verhoeven), Stuart Little kini muncul dengan dua film, yakni

1. Spiderman 3
Sayangnya, tampaknya karena beberapa adegan diserahkan kepada perusahaan lain (seperti adegan kecelakaan crane yang hampir menewaskan Gwen Stacy[6]), secara keseluruhan, visual Spiderman 3 tampak buruk.

Tetapi, tentu saja, siapapun akan terkesima efek manusia pasir (The Sandman)[7] yang bukan sekedar pasir halus seperti efek-efek sejenis di film-film sebelumnya, melainkan efek pasir kasar yang bikin perih mata.

2. Ghostrider
Aku menyukai efek api di Ghostrider dan aku pernah berdebat dengan temanku, efek api mana yang lebih realistis (berhubung kawanku itu juga seorang pyromaniac), Human Torch atau Ghostrider. Menurutku, efek api Ghostrider lebih realistis karena benar-benar seperti terbakar dengan api yang berkobar-kobar tertiup angin.[8]






Tentu saja, selain ketiga perusahaan tadi, masih ada perusahaan-perusahaan lain seperti Pixar (yang aku masih menunggu film Ratatouile) atau mungkin perusahaan-perusahaan kecil. Tetapi hingga bulan ini, kurasa, masih 3 perusahaan di atas yang masih mencolok. Eh.. bagaimana dengan Dreamworks Animation SKG yang mengeluarkan Shrek 3? Entah kenapa, aku lebih senang Pixar.. hihihihi subyektif.

Dan btw, sekarang aku tahu harus ke siapa aku harus menyalahkan hancurnya kualitas Spiderman 3.... CafeFX!


PS: aku belum membaca secara jeli referensi yang kukutip untuk artikel. Jadi mungkin ada kesalahan. CMIIW


Referensi:

1. http://digitalcontentproducer.com/desktoppost/depth/video_step_step_2/

2. http://features.cgsociety.org/story_custom.php?story_id=3680

3. http://www.canmag.com/nw/8100-transformers-ilm-scott-farrar

4. http://digitalcontentproducer.com/hdhdv/depth/video_exclusive_lucas_pov/

5. http://www.vfxworld.com/?sa=adv&code=319b255d&atype=articles&id=3325

6. http://www.vfxplugins.com/news/5636

7. http://features.cgsociety.org/story_custom.php?story_id=4091

8. http://features.cgsociety.org/story_custom.php?story_id=3945



Situs Perusahaan:

1. Industrial Light and Magic

2. Weta Digital

3. Sony Pictures Imageworks

4. CafeFX

5. Pixar

6. Dreamworks Animation SKG

7 comments:

Calupict said...

Gw lebih suka Transformers sekarang. Efeknya bagus.

Btw, kenal Sugiyanto enggak yang Fasilkom Angkatan 2005. Yang rambutnya agak2 ubanan itu.

tukang ketik said...

top banget postingannya.

gw ga bisa kasih komen apa2. terlalu jauh bagi saya. hehehe...

Danar Sadewo said...

paling yang menang penghargaan cuma transformer atau pirates.(dari perusahaan yang sama lagi!)

Tapi di dalam hati gw lebih memihak efek "birth of sandman"-nya spiderman 3.
bagai melihat efek terminator 2 untuk pertama kalinya.

edratna said...

Saya tak bisa menilai, tapi cuma bisa menikmati tontonannya...bagaimana paduan antara orang dan komputer bisa tak terlihat, dan membuat tontonan yang bisa dinikmati.

Dan yang bisa dinikmati adalah, yang...tidak horor, dan happy ending...hehehe

Kunderemp An-Narkaulipsiy said...

to Calupict:
Sugiyanto Angkasa? Aku gak tahu.. Aku kenal beberapa anak 2005 tetapi aku gak tahu Sugiyanto. Tetapi kemarin aku nanya salah satu anak 2005 dan memang ada yang bernama Sugiyanto.


to tukang ketik:
Lho..
kan gak pakai ilmu nih.. Cuma nonton, perhatikan dan.. bandingkan sendiri mana yang paling keren :p


to Danar Sadewo:
aku belum bisa menjawab soal shaky camera-nya.

Tapi memang sih, waktu pertama kali lihat kelahiran sandman, serasa pertama kali melihat T-1000 di Terminator

Calupict said...

Nah, kayaknya Sugiyanto yang itu. Dia itu temen SMA gw.

dzaia-bs said...

wow, keren banget postingannya...
yg selama ini cuma gw tau, efek yg mereka bikin itu pake CGI
tp nggak pernah mbandingin antara punya Sony, WB, Pixar, dll...