Friday, November 07, 2008

[Fact Check] Tuan HNW, anda mengerti arti "suaka"?

Tuan Hidayat Nur Wahid,
saya tertawa membaca keinginan anda di Detik.com.

Tuan Hidayat Nur Wahid, tahukah anda arti suaka?
Suaka itu artinya 'janji melindungi warga negara lain dari pemerintahnya yang tiran'.

Jadi seseorang yang mendapat suaka, tidak akan diserahkan, tidak akan diekstradisi, walaupun presidennya berganti.

Hanya dua cara untuk membuat Alex Manuputty kembali ke Indonesia.
Pertama, dengan menculiknya dari Amerika, seperti yang dilakukan oleh Israel dengan tim Mossad-nya.


Kedua,
dan saya pikir cara kedua adalah lebih baik,
berusaha membangun Maluku, berdamai dengan RMS, mengubah pandangan dunia internasional bahwa pemerintah Indonesia mempunyai niat baik dengan rakyat Maluku, tidak ada penindasan, memberikan kebebasan, bahkan bagi mantan RMS sekalipun.

Cara kedua,
sudah pernah kita lakukan dan
bukankah kita lihat Hasan Tiro mengunjungi Aceh?


Atau anda bisa menggunakan cara ketiga tetapi saya ragu pemerintah Indonesia bisa melakukannya. Yaitu dengan membuktikan bahwa Alex Manuputty adalah teroris berbahaya yang mengancam rakyat Maluku.


Jangan gunakan alasan "integritas NKRI", karena rakyat Amerika termasuk Obama berprinsip "Kebebasan Berpendapat" di atas "Kedaulatan".



http://www.detiknews.com/read/2008/11/06/014333/1032039/10/

1 comments:

Anonymous said...

baru pertama kali ke sini...kok gue langsung sreg ya sm gaya tulisannya...huhuhu.....

Hidayat nur wahid...ck ck ck...katanya mau jd capres....ck ck ck....

gue bakal sering" ke sini neh...

salam kenal.....