Monday, October 09, 2017

Mengenalkan Ilmu Pengetahuan Melalui Budaya Populer

Zaman saya kecil, ayah saya memandang buruk tayangan di TV, menganggapnya sebagai media pembual yang membuat anak-anak berimajinasi yang tidak-tidak. 

Entah kenapa saya tidak setuju pandangan ayah saya dan kini, saya sekarang mencoba bereksperimen pada putriku untuk memperkenalkan konsep-konsep ilmu pengetahuan, salah satunya menggunakan animasi yang dibuat oleh tim KOK BISA.

Sudah beberapa kali saluran animasi KOK BISA membantuku mendongeng kepada Ara. Ada yang sudah kuceritakan dahulu dan ternyata beberapa minggu kemudian muncul versi Kok Bisa. Ada juga sebaliknya, episode Kok Bisa memancing diskusi antara Ara dan saya.

Sebenarnya, selain KOK BISA, ada beberapa tim animasi lain yang mempopulerkan ilmu pengetahuan antara lain:

1. Sains Bro 
2. Hujan Tanda Tanya
3. Kamu Harus Tahu
4. Ayo Mikir

Namun yang gaya dan tema paling konsisten serta paling aktif unggah video adalah KOK BISA.

Tentu saja,
kombinasikan pengetahuan dari channel ini dengan eksperimen sederhana, hitung-hitungan, atau bahkan nonton film fiksi-ilmiah, dystopia, dan superhero lalu kombinasikan juga dengan mengajari tentang sejarah masa lalu. Dengan demikian, saat berdiskusi, bisa merujuk pada budaya populer lainnya.

Sekedar catatan terakhir,
jangan lupa ajak anak berolahraga, berkreasi dan makan-makanan sehat seperti makanan yang mengandung betacarotene.

Jangan sampai anak keasyikan lihat Youtube dan ujung-ujungnya merusak mata dan lemah fisik. Ujung-ujungnya nanti malah tak bisa belajar di sekolah.



2 comments:

Jagawana Kimi said...

Aku juga suka nonton Kok Bisa. Channel itu memang paling konsisten update dibandingkan channel edukasi Indonesia lainnya. Semoga dia tetap konsisten update dan semakin banyak channel edukasi yang muncul. 😀

kunderemp said...

Aaaaaamiiiin... Semoga konsisten update dan semakin banyak channel edukasi yang muncul.